5 Saran Makanan Saat Flu dan Demam

oleh -519 views

Saat demam dan flu, biasanya orang tak ingin memakan makanan apapun. Hal ini disebabkan hidung tak bisa mengenali rasa dan baunya sehingga semua makanan terasa hambar. Selain istirahat, anda harus tetap menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mendapatkan asupan makanan bergizi. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan saat flu dan demam yang harus anda konsumsi.

5 Saran Makanan saat Flu dan Demam

Minuman elektrolit
Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal yang sangat penting, terutama jika anda pilek dan mudah berkeringat karena demam. Meminum air mineral bisa menjadi solusi yang tepat, namun alangkah baiknya jika minuman mengandung elektrolit. Kandungan elektrolit alami terdapat pada air kelapa karena terdapat potasium dan sodium di dalamnya.

Teh hijau
Mengonsumsi teh hijau yang panas bisa membantu jalan pernafasan anda menjadi terbuka. Flu mengganggu sistem pernafasan di bagian atas dan meminum air hangat bisa memberikan rasa lega. Daripada hanya sebatas air mineral, sebaiknya konsumsi teh hijau karena tinggi akan antioksidan. Jika flu disertai batuk, tambahkan sedikit madu untuk mangademkan tenggorokan.

Sop ayam
Tak bayak yang tahu bahwa sop ayam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat flu dan demam menyerang. Air kaldunya membantu tubuh tetap terhidrasi dan menggantikan sodium yang hilang. Sementara ayam mengandung protein yang bersifat memulihkan tubuh agar mendapatkan kekuatan saat sakit. Jika dikonsumsi hangat, sop ayam bisa membuat pilek anda mereda dari sebelumnya.

Buah dan sayur berwarna cerah
Mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan sangatlah penting bahkan meskipun saat anda tidak sakit. Buah dan sayur dengan warna yang cerah adalah pilihan yang tepat karena adanya antioksidan seperti jeruk dan beri. Konsumsi dalam jumlah yang lebih banyak daripada biasanya akan mempercepat penyembuhan anda dari demam dan flu.

Daging sapi
Memilih daging sapi sebagai makanan saat flu dan demam adalah pilihan yang tepat. Daging sapi mengandung zinc yang bekerja untuk mengatur sistem imun. Sehingga, durasi sakit bisa dipercepat. Selain zinc, daging sapi juga mengandung vitamin B yang bagus untuk menyembuhkan flu. Tambahkan daging sapi pada sop sayur atau anda bisa memanggangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *