Cara Mengobati Tipes Secara Alami

oleh -701 views

Tipes adalah penyakit yang disebabkan adanya infeksi bakteri Salmonella typhi dalam tubuh. Umumnya bakteri ini menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Saat bakteri tipes masuk ke dalam tubuh, terjadi masa inkubasi bakteri yang biasanya berlangsung 7-14 hari yang kemudian diikuti dengan munculnya gejala tipes pertama. dan untuk memastikan terkena penyakit tipes harus diperiksa lebih lanjut dengan cara melakukan tes pada darah, feses, urine.

Cara Mengobati Tipes Secara Alami Dengan Cepat :

Minum Cukup Air Mineral

Cairan berfungsi membantu menurunkan demam, menghambat kerja bakteri dan membunuh bakteri itu secara alami. oleh karena itu dengan memberikan banyak air mineral kepada penderita akan membantu penyembuhan lebih cepat. Terlebih jika penderita juga mengalami diare yang buruk, dan tidak bisa minum cairan dengan baik maka pemberian cairan melalui infus bisa diberikan di rumah sakit.

Cukup Istirahat

Penderita tipes disarankan untuk banyak istirahat di tempat tidur dan mengurangi berbagai aktifitas yang lain, karena dengan istirahat maka akan meningkatkan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh serta proses pemberian obat pun akan lebih efektif jika penderita istirahat dengan baik.

Minum Cuka Sari Apel

Cuka sari apel bermanfaat untuk mengurangi suhu tubuh yang terlalu tinggi, cuka sari apel juga akan mengurangi diare dan mual atau muntah. Caranya yiatu mencampurkan setengah sendok cuka sari apel ke dalam satu gelas air minum hangat.

Minum Air Rebusan Cengkeh

Cengkeh mengandung bahan antibiotik alami yang bisa mengurangi aktifitas bakteri yang menjadi penyebab tipes, bahkan cengkeh sendiri akan membantu mengobati penderita tipes yang juga terkena diare, mual dan muntah yang parah. Air rebusan cengkeh banyak digunakan untuk cara mengobati tipes karena tidak memiliki efek samping.

Mengkonsumsi Makanan Halus

Beberapa jenis makanan yang disarankan untuk penderita tipes yaitu seperti bubur nasi merah atau nasi putih yang dicampur sayuran, karena bakteri penyebab tipes akan menyerang usus dan menyebabkan usus menjadi sangat sensitif. Makanan halus akan membuat usus bekerja dengan baik dan tidak akan menyakiti usus itu sendiri.

Makan Lebih Sering

Makan lebih sering dengan jumlah sedikit akan membantu usus supaya dapat bekerja lebih baik. dengan mengkonsumsi makanan halus saat perut merasa perih dan merasa tidak nyaman itu akan membiasakan usus untuk menerima makanan. Makanan juga bisa mencegah supaya bakteri tidak berkembang, karenadengan mengkonsumsi makanan halus seperti bubur itu akan membantu proses penyembuhan semakin cepat.

Kompres dengan Air Dingin

Ketika panas terjadi maka Anda bisa mengompres dengan air dingin. Cara ini dilakukan dengan merendam kain yang lembut atau handuk ke dalam air dingin, setelah itu kemudian angkat dan peras, lalu letakkan pada bagian dahi atau ketiak. Lakukan perawatan seperti ini secara teratur supaya demam cepat turun. Hindari menggunakan air dingin dari es karena hal ini justru akan membuat demam menjadi lebih tinggi.

Minum Larutan Oralit

Penderita tipes yang mengalami gejala diare mungkin akan mengalami menjadi lebih parah sehingga penderita ini akan membutuhkan oralit, Anda bisa menggunakan jenis oralit yang sudah jadi dari apotik atau membuatnya sendiri.

Makan Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk menyembuhkan tipes, karena buah yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan mempunyai rasa yang manis. Oleh karena itu dengan konsumsi pisang bisa meningkatkan tenaga dan mengurangi rasa lemah yang di akibatkan oleh demam, dan selain menyembuhkan demam akibat tipes tapi juga membantu memperbaiki penyerapan cairan dalam usus.

Makan Telur Rebus

Untuk memulihkan kondisi tubuh akibat tipes maka bisa mengkonsumsi telur rebus, Anda bisa memilih jenis telur ayam kampung atau telur yang diperkaya dengan gizi tambahan seperti omega. Telur rebus juga merupakan makanan yang mengandung protein dan kalori yang sangat tinggi, dan sebaiknya telur hanya direbus saja tanpa menggunakan bahan tambahan lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *