Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

oleh -104 views

Manfaat buah semangka untuk kesehatan, Semangka salah satu buah yang sangat menyenangkan untuk semua orang karena semangka juga sangat disukai oleh semua kalangan. Rasa buah yang manis, lembut dan menyegarkan membuat buah ini amat digemari. Selain itu manfaat buah semangka mengandung banyak nutrisi, vitamin, mineral, dan antioksidan, yang menawarkan banyak manfaat untuk tubuh kita.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Selain dapat mengatasi berbagai macam penyakit, ternyata buah semangka juga baik lho untuk kesehatan kulit dan rambut. Pada buah semangka, terdapat dua vitamin yang penting untuk kesehatan kulit dan rambut, yaitu vitamin A dan vitamin C. Vitamin A yang ada pada buah semangka, dapat membantu kulit memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.
Kekurangan A, dapat membuat kulit menjadi kering dan mudah mengelupas. Kandungan likopen yang ada pada semangka, juga mampu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Vitamin C yang terdapat pada buah semangka, dapat membantu tubuh kita untuk memproduksi kolagen, yang merupakan protein yang dapat membuat rambut menjadi lebih kuat, sehingga tidak mudah rontok.

Mencegah dehidrasi

Manfaat pertama buah semangka untuk tubuh kita, adalah dapat mencegah tubuh dari dehidrasi. Penelitian yang dipublikasikan dalam Experimental and Clinical Sciences, International Journal, mengemukakan bahwa buah semangka memiliki kadar air yang sangat tinggi lho, yaitu sekitar 92% air, yang ternyata efektif untuk menurunkan suhu tubuh dan juga tekanan darah.

Selain itu, kadar air yang tinggi pada buah semangka, juga mampu untuk melembabkan tubuh saat musim panas. Buah semangka dikonsumsi setiap hari lho oleh orang-orang di daerah tropis, untuk menyegarkan tubuh mereka selama musim panas.

Melindungi fungsi saraf

Selain dapat mencegah dehidrasi, buah semangka juga mampu lho melindungi fungsi saraf. Kandungan kalium yang ada pada buah semangka, dapat membantu mengatur fungsi saraf dengan cara memfasilitasi jalannya impuls listrik dan pesan. Seseorang yang kekurangan asupan kalium pada tubuhnya, akan mudah mengalami kram di malam hari.

Menurunkan frekuensi serangan asma

Tak hanya dapat melindungi fungsi saraf saja, ternyata buah semangka juga bisa lho membantu menurunkan frekuensi serangan asma. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah semangka, mampu untuk mengurangi serangan asma. Penelitian terbaru menemukan fakta bahwa, kekurangan vitamin C dapat meningkatkan frekuensi serangan asma.

Mengatasi Nyeri Otot

Senyawa asam amino citruline yang ditemukan dalam semangka memiliki efek yang sangat baik untuk meredakan nyeri otot. Senyawa ini mampu membuat otot tubuh menjadi lebih santai sehingga meredakan ketegangan. Hal inilah yang membuat semangka sangat efektif untuk atlit setelah melakukan pertandingan.

Membantu menurunkan berat badan

Ternyata, buah semangka juga baik lho untuk diet. Kandungan serat yang tinggi pada buah semangka, bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga akan menurunkan keinginan untuk makan kembali, yang secara tidak langsung akan memicu penurunan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *